Puasa Dan Hak

Kawah Api Made In: Yamawidura

bismillah

Makna secara umum atau secara mendasar atau kita sebut saja makna universal, artinya belum makna syar’inya dan belum makna keagamaannya. Makna universal itu adalah bahwa anda atau kita bersedia tidak menikmati apa yang sebenarnya berhak anda nikmati. Anda boleh makan, anda siap tidak makan.

Anda berhak untuk minum, tetapi anda rela untuk tidak minum. Anda punya hak asasi untuk menjadi sesuatu dengan jabatan tertentu, tetapi anda punya pertimbangan yang bermacam-macam, mudharat manfaatnya, maka anda ikhlas untuk tidak mengambil jabatan itu. Anda berhak untuk marah, karena anda berada dalam kebenaran, misalnya anda disakiti, dianiaya misalnya, tetapi anda ridho untuk tidak marah, anda memaafkan.

Semua itu adalah hakikat puasa. Jadi anda ngalah. Anda tidak melakukan sesuatu yang sesungguhnya tidak dosa kalau anda lakukan. Anda siap, ikhlas, dan tidak ada masalah untuk tidak mengerjakan, menikmati, mengambil, menumpuk, atau apapun yang sesungguhnya hukum apapun, nilai dan moralitas apapun memperkenankan anda untuk menikmati itu semua. Jadi, puasa itu mengandung kemuliaan yang luar biasa karena anda bersedia untuk tidak menikmati hak-hak anda pada momen tertentu, konteks tertentu, dan situasi tertentu. itulah makna universal puasa.

2 thoughts on “Puasa Dan Hak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s