Madura

Maunya Humor

Ramuan Madura

Sumber: Comot Sanasini

bibir sumr

bibir sumr

SUDAH menjadi buah bibir yang namanya ‘ramuan madura’ katanya sangat ampuh khasiatnya. Orang suka ngrumpi di pinggir-pinggir jalan, di warung-warung jamu, sampai ke gedung-gedung dewan terhormat. Karena ini menyangkut cerita ‘di balik kelambu’ lebih sering ceritanya bisik-bisik, seolah-olah ada pihak-pihak yang bukan ‘wilayah’-nya ikut mendengar.

Tersebutlah Sahlan, orang kampung saya. Ia sangat jengah, istri tercintanya minta-minta terus dibelikan jamu ramuan madura agar sang suami, ya Sahlan ini, tidak keluyuran terus. Isterinya memimpikan jika singset dan rapat, pasti keluarga kecilnya semakin harmonis.

Sahlan bukannya tak ada duit, tapi malunya itu lho, nanti tukang warungnya jadi tahu. Lha kan tetangganya sendiri juga. Nanti orang sekampung pada ribut lagi.

Demi isteri tercinta, setelah mendapat bayaran calo sana calo sini, dibelilah ramuan ajaib itu, bukan satu bungkus tapi satu box. Untuk berapa hari ya?

Jalan pikiran Sahlan memang brilian, supaya jangan merepotkan dan seluruh keluarga bisa menikmati jamu ajaib ini, ia lekas-lekas ke belakang rumah. Mau apa dia. Ternyata menuju sumur. Dibuka satu persatu bungkus jamu, lalu pyuuur, masukkan bubuk-bubuk jamu ke dalam sumur.

Ia berpikir, ini tindakan jitu. Sangat tidak merepotkan siapa-siapa, apalagi istrinya harus tiap pagi bikin seduhan jamu dalam gelas. Kasihan kan. Lagian seluruh keluarga jadi bisa ikut menikmati.

Pagi-pagi, esok berikutnya. Semua ribut. Geger di pinggiran sumur. Sahlan yang masih kedinginan berselimut sarung buru-buru ke belakang rumah. Apa yang terjadi?

“Masya Allah, tali timba kejepit bibir sumur….!!!” []

3 thoughts on “Madura

  1. Klimaknya kukira tali timbanya yg repot. Aku ingat cak faruk tmn kita , wkt jagong nana katanya kadonya juga ramuan madura…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s